nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi, 2 Warga Bali Tewas Digigit Anjing Rabies

Rohmat, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2011 22:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 01 07 340 411662 wXAb3yypMy.jpg wordpress (ilustrasi)

DENPASAR - Di awal tahun 2011, korban gigitan anjing rabies terus berjatuhan seperti menimpa Dewa Nyoman Kartika (43) dan Ni Wayan Citra (58), akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar akibat mengidap penyakit rabies.

 

Kedua korban yang merupakan warga Kabupaten Klungkung, Bali, meninggal secara berturut-turut sejak Kamis dan hari ini. Yang mengejutkan, salah seorang korban yakni Citra berasal dari Pulau Nusa Penida, yang selama ini dikenal daerah bebas rabies.

 

Dari informasi dihimpun di RSUP Sanglah, diketahui pasien bernama Kartika berasal dari Banjar Paguran, Bumbungan, Banjarangkan, Klungkung. Sedangkan Citra waga Banjar Peguyangan, Batu Kandik, Nusa Penida.

 

"Setelah dirawat selama dua hari, Kartika meninggal pada Kamis lalu di ruang Nusa Indah," kata Sekretaris Tim Penanganan Rabies RSUP Sanglah Denpasa, IGB Ken Wirasandhi kepada wartawan Jumat (7/1/2011).

 

Korban sebelumnya, dirujuk ke RS Sanglah pada Selasa lalu (4/1) setelah pihak keluarga melaporkan Kartika mengalami gejala klinis mirip rabies.

 

Dikatakan Wirasandhi, berdasar hasil pemeriksaan medis diketahui Kartika tidak pernah memiliki riwayat mendapat vaksin antirabies (VAR) sejak digigit anjing "Dari keterangan keluarganya, setelah digigit anjing lukanya juga tidak pernah dibersihkan," kata dia.

 

Keluarga menuturkan, anjing piaraan korban menggigit Kartika pada bagian kaki kanannya sejak tuga bulan lalu. Sayangnya, setelah digigit anjing tak segera mendapat perawatan sehingga virusnya dengan cepat menjalar ke otak yang berakibat fatal.

 

"Selama di rawat korban terlihat ketakutan dengan air maupun cahaya, dia juga gelisah, serta mengeluarkan air liur," katanya menjelaskan.

 

Hal lebih tragis dialami Wayan Citra Citra sebab tidak sampai 24 jam dirawat di ruang Nusa Indah RS Sanglah, pada pada Kamis lalu dan akhirnya tewas pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 Wita.

 

Saat dirujuk ke RS Sanglah, kondisi korban sudah kritis dan mengalami gejala klinis rabies. Citra digigit anjing sekitar sebulan yang lalu. “Dia digigit pada betis kaki kirinya dan tidak pernah mendapatkan VAR,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr I Nyoman Suteja secara terpisah..

 

Dikatakan Sutedja usai digigit anjing, Citra sempat dibawa ke Puskesmas di Nusa Penida dan lukanya mendapat perawatan serta diberi suntikan namun tidak diketahui secar jelas jenis suntikannya. "Yang jelas dari pemeriksaan diketahui riwayat VAR-nya negatif," tutupnya.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini