Share

AS Pangkas Anggaran Pendidikan

Hanna Meinita, Okezone · Rabu 12 Januari 2011 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 12 373 413140 Rczz2mFAX3.jpg Foto: Gubernur California Jerry Brown/reuters

NEW YORK - Dana pendidikan menjadi masalah di banyak negara termasuk di negara maju. Di Amerika Serikat, salah satu negara bagian akan menghadapi pemotongan dana pendidikan.

Seperti dilansir Chronicle, Rabu (12/1/2011), Gubernur California Jerry Brown mengusulkan pemotongan anggaran untuk perguruan tinggi. Dalam pengumumannya, Brown mengajukan pemotongan sebesar USD1.4 miliar (Rp12 triliun).

Pemotongan ini dikhawatirkan akan mengurangi pendaftaran calon mahasiswa dan meningkatkan biaya kuliah di perguruan tinggi komunitas (Di AS, setelah lulus perguruan tinggi komunitas, beberapa siswa melanjutkan ke perguruan tinggi selama dua hingga tiga tahun untuk menyelesaikan gelar sarjana).

Brown, yang baru bekerja selama dua pekan, mengusulkan pemotongan untuk setiap sistem universitas di California sebesar USD500 juta. Dana ini akan digunakan untuk menutup defisit anggaran negara bagian pada 2011-12.

California State University akan kehilangan 18 persen dana dari pemerintah, sedangkan University of California akan kehilangan 17 persen. Sebanyak 112 perguruan tinggi di negara bagian California akan kehilangan USD400 juta dana dari negara, di mana sebanyak 6,5 persen dipotong.

Diperkirakan, biaya kuliah perguruan tinggi yang menjalankan kuliah selama dua tahun (perguruan tinggi komunitas) akan meningkat tajam menjadi USD36 setiap kredit, yang sebelumnya USD26 setiap kredit.

Berdasarkan usulan ini, untuk pertama kalinya, University of California akan menerima banyak pemasukan dari mahasiswa, ujar Presiden Sistem Universitas, Mark G. Yudof. Dalam pesan di situs jejaring sosial, Facebook, Yudof diperingatkan bahwa pemotongan ini akan memaksa universitas mengurangi bantuan keuangan, memotong tajam pendaftaran, dan menghilangkan batas siswa dari negara bagian lain.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini