nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunadarma 5 Besar Wolrd Universities Web Ranking

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 13 Januari 2011 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 01 13 373 413596 nx5GLRMwRx.jpg Foto: Istimewa

DEPOK – Universitas Gunadarma meraih prestasi lima besar sistem pemeringkatan perguruan tinggi di dunia internet. Hal itu membawa pengaruh berkaitan prestasi akademik perguruan tinggi tersebut kepada publik.

Rektor Universitas Gunadarma E.S Margianti mengatakan banyak kampus-kampus yang sudah cukup mapan dan terkenal—baik civitas akademikanya maupun kampus sebagai institusi—berebut masuk kedalam web. System perankingan web perguruan tinggi versi Webometrics (http://www.webometrics.info) sudah cukup populer, dan hasilnya sudah sangat ditunggu-tunggu perbagai lembaga perguruan tinggi.

“Saat ini hanya ada 151 perguruan tinggi Indonesia yang masuk peringkat web renking. Gunadarma masuk kedalam lima besar,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (13/01/11).

Margianti menambahkan tingkat popularitas diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu google pagerank, inbound link yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa. Ranking ini digambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet.

 “Lembaga ini melakukan peringkatan terhadap 10200 perguruan tinggi di 200 negara,” terangnya. Popularitas ini sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya,” katanya.

Posisi lima besar tidak berubah dari tahun 2010 lalu sampai sekarang ini, yakni: Institut Tehnologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Tehnologi Surabaya (ITS), dan Universitas Gunadarma.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini