Imigrasi Tak Akan Cek Paspor Gayus ke Guyana

Taufik Hidayat, Okezone · Jum'at 21 Januari 2011 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 21 339 416474 WjbByYLLzF.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Menkum HAM Patrialis Akbar mengakui kinerja lembaganya dalam mengusut paspor Republik Guyana milik Gayus Tambunan dan Milana Angraini masih kalah ketimbang kepolisian.

Hingga kini Dirjen Keimigrasian Kementrian Hukum dan HAM, kepolisian, dan Kementrian Luar Negeri saling bahu membahu mengusut kasus pemalsuan paspor milik Gayus dan Milana yang diduga dilakukan oleh John Jerome.

“Itukan (paspor Guyana Gayus) temuan penyidikan oleh Polri, bukan dari kami. Justru Polri jauh lebih maju dibandingkan Kemenkum HAM soal itu," kata Patrialis di kantor Kemenkum HAM, Jakarta, Jumat (20/1/2011).

Dirjen Imigrasi, kata Patrilis, tidak akan melakukan penelusuran ke Guyana, pihaknya mempercayakan sepenuhnya ke polisi. Dirjen Imigrasi hanya melakukan koordinasi dengan Kepolisian dan menunggu hasilnya.

"Kami nggak ikut ke Guyana, karena kami percaya polisi punya keahlian kok. Sudah ngobrol dengan kami. Kami sudah berikan masukan dari Dirjen Imigrasi paspornya begini-begini jadi nanti kami tinggal lihat hasilnya dari polisi," tambahnya.

Penanganan manajemen pelayanan publik dan pengawasan akan terus dibenahi diintenal Imigrasi. Pihaknya akan melakukan pemecatan terhadap petugas yang terlibat pemalsuan paspor.

"Masalah pelayanan publik, akuntabilitas, dan pengawasan apalagi manejemen juga tidak boleh lagi hanya duduk di kantor, turun ke lapangan untuk perbaiki kebobrokan. Itulah tugas kita untuk bersihkan," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini