nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kastorius Sinaga: Saya Siap Mundur

Muhammad Saifullah , Jurnalis · Senin 24 Januari 2011 17:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 01 24 339 417394 GquucAAVP1.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Penasihat ahli Kapolri Jenderal Timur Pradopo, Kastorius Sinaga, menyatakan siap mengundurkan diri dari jabatannya apabila kehadirannya akan menyulitkan posisi pucuk pimpinan Polri.

“Saya tidak mau menjadi beban bagi Kapolri. Dengan senang hati saya akan mundur kalau itu membebani kepolisian,” ujarnya kepada okezone di Jakarta, Senin (24/1/2011).

Ketua Departemen Perencanaan Pembangunan Nasional Partai Demokrat itu menyerahkan sepenuhnya persoalan pergantian penasihat ahli. Sebab hal itu merupakan hak prerogratif Kapolri.

Kendati demikian, dia berharap agar Kapolri tidak mengambil keputusan karena adanya tekanan politik. Pasalnya selama ini Kapolri selalu mengevaluasi kinerja penasihat ahli berdasarkan asas profesionalitas.

“Pak Timur jangan ditekan secara politik untuk mengevaluasi penasihat ahli. Lebih baik dikembalikan ke aturan yang ada serta hasil evaluasi atau masukan masyarakat terhadap kinerja masing-masing penasihat ahli. Karena penasihat ahli ada dalam rangka menunjang tugas-tugas kepolisian. Jadi saya serahkan saja ke Kapolri,” harapnya.

Kastorius menegaskan, tidak ada yang salah dalam posisinya selaku penasihat Kapolri dan pengurus Partai Demokrat. Dari aspek legal formal tidak ada aturan yang melarangnya.

Adapun terkait kekhawatiran posisinya bakal memicu conflit of interest, Kastorius secara lugas menyanggahnya. Sebab tugasnya di kepolisian hanya memberikan pertimbangan terhadap persoalan secara makro dan tidak ikut menangani kasus. “Kalau etika itu kan soal persepsi. Kami bekerja secara normatif saja. Bila ada conflict of interest di mana, tunjukkan,” tandas doktor bidang Sosiologi itu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini