Share

Peringkat Undip di Webometrics Turun!

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 24 Januari 2011 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 24 373 417218 yxVw3SkdOZ.jpg Tampilan situs Webometrics Januari 2011 (ist)

JAKARTA - Hasil pemeringkatan website perguruan tinggi versi Webometrics periode Januari 2011 menempatkan Universitas Diponegoro di posisi ke-55 pada pemeringkatan Institutional Repository Webometrics. Turun dari posisi ke-49 pada kategori yang sama periode Juli 2010 lalu. 

Namun demikian, peringkat tersebut tetap menempatkan Undip di posisi pertama nasional. Undip juga menempati peringkat ke-70 dalam pemeringkatan Repository Webometrics.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Saya kira ini bukan berarti skor Undip turun, tetapi perguruan tinggi lain di dunia bekerja keras berlomba-lomba untuk mengisi repository mereka,” ujar Staf Ahli Pembantu Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama Undip Dr. Istadi seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin (24/1/2011).

Ketua Bidang Pengembangan Website (PLTIK) Undip tersebut menambahkan, keberhasilan ini merupakan kerja keras dan kerjasama seluruh tim repository Undip yang dikomandani oleh Unit Pelakasana Teknis (UPT) Perpustakaan.

Pemeringkatan Institutional Repository Webometrics dan Repository Webometrics periode Januari 2011 baru akan diumumkan secara resmi akhir Januari ini. Situs Webometrics menyajikan dua jenis pemeringkatan website perguruan tinggi di dunia, yakni pemeringkatan website universitas itu sendiri dan pemeringkatan website repositori institusi.

 

Dua perguruan tinggi Indonesia lainnya yang juga masuk Top 100 dunia adalah Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Ranking Institutional Repository Webometrics menempatkan ITS di peringkat ke-57, dan USU di posisi ke-83. Pada pemeringkatan Repository Webometrics, ITS menduduki posisi ke-64, dan USU ke-91.

Peringkat 100 besar dunia Top Institutional Respitories versi Webometrics bisa dilihat di laman (http://repositories.webometrics.info/toprep_inst.asp?offset=50)

Indikator Apa yang Digunakan?

Dalam mengukur website domain institusi, Webometrics menetapkan empat kriteria yaitu visibility (50 persen), website page size (20 persen), rich files (15 persen), dan Google scholarship (15 persen).

Visibility merupakan jumlah eksternal link yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Visibility ini menyiratkan besarnya impact factor terhadap sebuah website/repository.

Website page size menunjukkan jumlah halaman website yang tertangkap oleh empat search engines (Google, Yahoo, Live Search/Bing, dan Exalead). Size atau ukuran dari domain web universitas adalah merupakan kombinasi dari jumlah halaman website yang online dari website tersebut (.html dan non html) dan jumlah sub-domain.

Rich Files merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc), dan Microsoft Powerpoint (.ppt), namun tidak termasuk xls atau latex atau tex) yang online di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh empat search engines (Yahoo, Google, Live Search/bing, dan Exalead). Rich files ini sangat relevan karena menunjukkan komitmen Universitas untuk scholarly communication terhadap publik.

Google Scholarship menunjukkan jumlah paper dan sitasi yang tertangkap di Google Scholar (http://scholar.google.com) untuk setiap domain website universitas. Kebanyakan file-file dokumen (PDF, DOC, atau PPT) dapat terindeks dengan mudah di Google Scholar.

Selain masuk 100 besar dunia versi Webometrics, website Undip (http://www.undip.ac.id) juga baru saja mendapatkan penghargaan dengan menempati Peringkat ke-7 Indonesia atau Peringkat 2.023 dunia berdasarkan pemeringkatan website oleh 4 International Colleges & Universities (4ICU) Januari 2011 dalam situsnya (http://www.4icu.org/id). Penilaian yang dilakukan 4ICU terhadap 10.200 website perguruan tinggi di dunia berbeda dengan apa yang dilakukan oleh Webometrics. Penilaian website menurut 4ICU dilakukan berdasarkan tiga parameter berikut: Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini