Gubernur Imbau TKI Asal Bali Pulang Kampung

Rohmat, Okezone · Rabu 02 Februari 2011 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 02 340 420689 uKJADvoU2o.jpg Ratusan ribu warga Mesir berunjuk rasa di Alun-Alun Tahrir Kairo. (Foto: Reuters)

DENPASAR - Gubernur I Made Mangku Pastika meminta para tenaga kerja Indonesia asal Bali di Mesir untuk pulang, jika kondisi di Negeri Piramida itu bertambah gawat dan membahayakan keselamatan.

Imbauan itu disampaikan Gubernur melalui Kepala Biro Humas dan Protokoler I Putu Suardhika setelah mencermati kondisi dan situasi terakhir di Mesir.

“Bapak Gubernur sangat mengkhawatirkan keselamatan warga Bali yang bekerja di Mesir. Karena itu, dia mereka diminta agar memperhatikan situasi yang terjadi. Jika kondisinya semakin gawat, ya diimbau agar segera pulang meninggalkan Mesir,” kata Suardhika, Rabu (2/2/2011).

Terkait upaya pemulangan, pihaknya telah meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja (BP3TKI) Bali untuk berkoordinasi memantau perkembangan kondisi TKI.

“Kami sudah meneruskan laporan ke pusat di Kementerian Tenaga Kerja dan transmigrasi dan BNP2TKI untuk dapat memfasilitasi dan menindaklanjuti penanganan masalah TKI asal Bali di Mesir,” tegas Suardhika.

Dari laporan, terdapat 19 TKI asal Bali. Sebagian besar bekerja di sektor pariwisata seperti di hotel dan lainnya.

“Pemerintah Bali berkepentingan terhadap keselamatan warganya di luar negeri, kalau masih bisa menyelamatkan atau mengamankan diri atau sesuai kontrak kerja yang ada, ya tetaplah bekerja namun tetap berhati-hati dan terus berkomunikasi dengan keluarga,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta lembaga atau agen yang mengirim TKI ke Mesir agar bertanggung jawab memberitahukan informasi kepada masyarakat luas, khususnya kepada para orangtua yang khawatir terhadap keselamatan anak-anaknya yang bekerja di Mesir.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini