nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Longsor Rusak Kuburan Tionghoa

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2011 23:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 02 04 340 421538 Rg5HMdYRSd.jpg

PADANG - Akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Padang semalaman, satu rumah di kelurahan Batang Arau, kecamatan Padang Selatan, kota Padang, Sumatera Barat, rusak ditimpa longsor.

Rumah yang dihuni Deni (40) dan dua orang anaknya Irfan (17) dan Kevin (13) nyaris tertimpa longsor pada pukul 22.00 WIB tadi malam.

Mereka langsung keluar rumah menyelamatkan diri, untung yang kena longsor itu hanya bagi ruang makan saja. "Awalnya saya mendengar suara berderak dari belakang rumah kemudian diikuti suara gemuruh, kami langsung keluar rumah ternyata rumah saya tertimpa pohon dan tanah," ujar Deni di lokasi, Jumat (4/2/2011).

Selain rumah, ada satu kuburan keturunan Tionghoa yang rusak akibat longsor. "Setiap hujan kami disini selalu berjaga-jaga, karena daerah kami ini di lereng bukit Panggalangan, kawasan ini sering longsor," ungkap Azwar (50) Ketua RT.

Apalagi kondisi saat ini kota Padang kembali hujan lebat warga disekitar daerah itu tak nyaman tinggal didaerah tersebut. "Tanah kami hanya ada di sini, kami tak punya tanah di tempat lain, jadi kalau hujan harus berjaga-jaga," ujar Azwar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang, Dedi Henidal mengingatkan warga yang tinggal di lereng bukit. "Kawasan di lereng bukit mulai dari bukit Lantiak, Kampung Batu, Panggalangan, Seberang Padang merupakan kawasan longsor, jadi dengan kondisi ini diminta warga siaga, kita juga terus pantau kondisi di lapangan," katanya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini