Polisi Pakai Protap Tembak di Tempat

Tri Kurniawan, Okezone · Rabu 09 Februari 2011 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 09 339 423015 jwHJv56Itr.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Polisi nampaknya tak mau kecolongan lagi. Untuk mengantisipasi gerakan massa, polisi menerapkan Protap 01/X/2010 dalam pengamanan sidang terdakwa kasus terorisme Abu Bakar Baasyir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Untuk menjaga pengadilan dan sejumlah titik di sekitarnya, kata Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman, diturunkan sekira 3 ribu personel.

“Protap 01. Itu kalau mereka anarkis, yang membahayakan jiwa masyarakat,” ujar Sutarman di Balai Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (9/2/2011).

Protap Protap Kapolri /1/X/2010 tentang Penanggulangan Anarkistis mengatur tentang pengambilan tindakan tegas dalam menangani aksi anarki dengan cara-cara sebagai berikut:

a. Kendali tangan kosong keras

b. Kendali senjata tumpul, senjata kimia antara lain gas air mata, atau alat lain sesuai standar Polri.

c. Kendali dengan menggunakan senjata api atau alat lain untuk menghentikan tindakan atau perilaku anarki yang dapat menyebabkan luka parah atau kematian anggota Polri atau anggota masyarakat atau kerusakan dan/atau kerugian harta benda didahului dengan tembakan peringatan ke arah yang tidak membahayakan.

d. Apabila pelaku tidak mengindahkan tembakan peringatan maka dilakukan tembakan terarah kepada sasaran yang tidak mematikan.

Meski demikian, Kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo beberapa waktu lalu, Protap tembak di tempat diterapkan bukan untuk menangani unjuk rasa. Protap Kapolri/1/X/2010 tersebut ditujukan untuk menangani tindakan anarkistis.

"Mohon untuk Protap 01 jangan ditanggapi untuk penanganan unjuk rasa. Bukan! Jadi itu untuk masyarakat yang anarkis, yang tidak berkaitan dengan unjuk rasa," kata Timur usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta.

Lantas, bagaimana dengan protap penanganan penyerangan Jamaah Ahmadiyah di Cikeusik dan kerusuhan di Temanggung, Pak?

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini