Tak Hadir di KPK, Turunkan Citra Megawati

Carolina Christina, Okezone · Sabtu 19 Februari 2011 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 19 339 426507 nx0rHRhgKD.jpg

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Megawati Soekarnoputri dinilai mengabaikan tanggungjawab moral terhadap kadernya jika tidak hadir sebagai saksi yang meringankan dalam kasus cek suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang terjadi di DPR.

"Sangat disayangkan jika Mega tidak hadir karena dia memiliki tanggung jawab moral terhadap kadernya,"kata Ketua Umum Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane saat dihubungi okezone, Sabtu 919/2/2011).

Menurutnya, pemberian kesaksian tersebut harusnya dilakukan terlepas kadernya bersalah atau tidak maka serahkan pada proses hukum di pengadilan. "Jika Mega tidak hadir maka Mega akan dianggap sebagai tokoh politik yang tidak taat hukum dan mengabaikan kadernya,"ucapnya lagi.

Selain itu ketidakhadiran Mega juga akan mengurangi citar diri dan partainya di masyarakat dan memberi peluang bagi lawan politiknya memojokannya.

Sebelumnya,  Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak akan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alasannya PDIP memandang Megawati tidak terkait dengan kasus cek suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang terjadi di DPR.

"Kalau tentang hal yang berkaitan dengan cek pelawat tidak ada relevansi dengan beliau, karena hal tersebut terjadi di DPR dan tidak menjadi keterkaitan dengaan Pimpinan DPP PDIP dan hal itu adalah kompetensi Pimpinan Fraksi," kata Ketua Departemen Hukum DPP PDIP, Gayus Topane Lumbuun.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini