nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unsri Gelar Festival Teater Mahasiswa

Arpan Rachman, Jurnalis · Sabtu 19 Februari 2011 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 02 19 373 426469 K4Lhujbb20.jpg Image: corbis.com

INDERALAYA – Semangat untuk mengangkat seni pertunjukan menjadi sebuah festival ditunjukkan mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) Inderalaya, Sumatra Selatan. Tajuknya, Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio), yang dihelat pada 18-25 April mendatang.

“Unsri dipercaya menjadi tuan rumah Festamasio yang tahun ini digelar untuk yang kelima kalinya,” ujar ketua panitia pelaksana Festamasio V Hadihaqyan D Doni, kepada okezone di Inderalaya, Sabtu (19/2/2011).

Pegiat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) GABI’91 Unsri ini menambahkan, panitia telah meregistrasi 10 peserta berasal dari kampus se-Indonesia yang akan tampil, yaitu Teater Nol dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh; Teater Sisi dari Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Medan; Rumah Teduh dari Universitas Andalas, Padang; Teater Lakon dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung; Teater Gadjah Mada dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; Teater Hampa Indonesia dari Universitas Negeri Malang; Teater Tiang Alit dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya;  Teater Sirat dari IAIN Surakarta; Teater Komsan dari STAIN Pontianak; dan Teater Talas dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Penampilan setiap peserta festival akan dikurasi oleh tim kurator dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yakni Jose Rizal Manua, Oim Ibrahim, dan Andi Biru Langit. “Di samping peserta festival, juga akan tampil pentas ekshibisi oleh Teater Yupa dari Universitas Mulawarman dan Teater Syahid dari UIN Sjarif Hidayatullah Jakarta,” tutur Doni.

Festamasio V secara tentatif akan dipusatkan di Graha Budaya, komplek Dekranasda, Jakabaring, Palembang. Sebab, Gedung Teater Unsri tidak layak digunakan sebagai panggung pentas teater. Padahal, proyek renovasi Gedung Teater Unsri sudah dinyatakan selesai walau hasil pekerjaannya tidak sempurna. “Karena tukangnya sudah pulang semua membawa peralatan masing-masing,” kata Doni. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini