Sumatra Utara Provinsi Terkorup!

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 23 Februari 2011 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 23 339 427922 NzjfHiQLJq.jpg ist

JAKARTA – Provonsi Sumatera Utara dinyatakan sebagai provinsi terkorup pada 2010 versi Indonesian Corruption Watch (ICW).

 

Berdasarkan rilis dari ICW, pada semester dua tahun 2010, sebanyak 38 kasus korupsi terjadi di Sumut. Jumlah tersebut meningkat dibanding semester satu, dimana kasus korupsi di Sumut hanya 26 kasus.

 

“Pada semester satu mayoritas aktor korupsi adalah direktur perusahaan dan pegawai swasta, tapi pada semester dua pelakunya adalah PNS dan DPRD di Sumut,” kata Koordinator Investigasi dan Informasi Publik ICW, Agus Sunaryanto, Rabu (23/2/2011).

 

Menurut dia, telah terjadi pergeseran aktor yang melakukan korupsi dari pihak swasta ke Pegawai Negeri Sipil dan DPRD. Ironisnya, ICW menduga aparat penegak hukum di Sumut masih tebang pilih dalam mengungkap kasus korupsi.

 

“Polisi terkesan hanya mengejar kuantitas ketimbang kualitas. Selama ini yang ditindak hanya kelas teri dan belum menyentuh tingkat atas,” tandasnya.

 

Sedangkan untuk posisi kedua, lanjut dia, dihuni oleh Provinsi Bengkulu. “Di Bengkulu terdapat 23 kasus pada 2010 semester dua ini,” tukasnya.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini