nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Lebih Elegan Jika Mega Mau Datang ke KPK"

Misbahol Munir, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2011 15:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 02 24 339 428450 dSwxOOz7dc.jpg Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra berpendapat, sebaiknya Megawati Soekarnoputri mau datang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi meringankan dari Max Moein.

“Kalau saya boleh menyarankan, Megawati bisa dengan besar hati datang memberikan keterangan (di KPK). Tidak usah menganggap ini sebagai sesuatu yang menyudutkan,” katanya usai bertemu anggota Komisi II DPR, Rabu (24/2/2011).

Yusril mencontohkan, kehadiran mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Menteri Menko Perekonomian Kwin Kian Gie yang menjadi saksi meringankan pada kasus dirinya.

“Seperti Pak JK dan Pak Kwik Kian Gie, dengan maunya sendiri datang ke Kejagung untuk kasus saya. Dan saya kira orang makin respek kepada beliau sebagai pemimpin. Beliau (Mega) kan masih ada harapan ke depan,” katanya.

Mengenai permintaan Max Moein agar penyidik KPK menghadirikan Mega, Yusril menilai hal itu sebagai hak dari tersangka dan penyidik tidak punya wewenang untuk mengatakan hal itu tidak relevan.

“Saya pernah nanya ke empat orang ahli dalam sidang MK. Kalau dipanggil wajib atau tidak? Dan mereka bilang itu sah-sah saja. Jadi saksi dan tak ada bedanya dengan saksi-saksi lain. Kalau penyidik keras, bisa panggil paksa juga, karena dia saksi. Bahwa relevan atau tidak itu tergantung pada Max Moein yang minta,” jelasnya.

Yusril menambahkan, seperti saat dirinya meminta Kejagung memanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, JK dan Kwik Kian Gie, seharusnya Kejagung tidak mengatakan itu tidak relevan.

“Seharusnya penyidik tidak dalam menilai relevan atau tidak. Karena penyidik bisa bebas memanggil orang menjadi saksi yang memberatkan, tanpa ada hak dari tersangka untuk mengatakan bahwa itu tidak relevan. Makanya tersangka juga punya hak untuk meminta saksi yang meringankan dan penyidik tidak bisa bilang bahwa itu tidak relevan,” paparnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini