Share

UNM Siap Cetak Wirausahawan Muda

Andi Aisyah, Okezone · Senin 28 Februari 2011 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 28 373 429828 voNLIeSaCF.jpg Image: corbis.com

MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Pelatihan Wirausahawan Muda Mahasiswa dengan Dinas Koperasi dan UKM Propinsi 1Sulawesi Selatan.

Penandatanganan dilakukan di Hotel La Macca UNM Jl. AP Pettarani Senin (28/2/2011).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Rektor UNM Professor Arismunandar dan Kepala Dinas Koperasi UMKM Sulsel AM Yamin menandatangani nota itu. Mereka disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Asisten Deputi Urusan Pengembangan Koperasi Kewirausahaan Kementian Koperasi dan UMKM Taty Ariaty, serta sejumlah akademisi UNM.

Kepada okezone, Rektor UNM Prof. Arismunandar mengatakan, sasaran kegiatan itu adalah agar lebih banyak mahasiswa UNM yang menjadi wirausahawan. "Mereka bisa mandiri saat keluar ke dunia kerja. Kami dan pemprov hanya memfasilitasi saja, " ujarnya.

Arismunandar berharap, sedikitnya empat persen dari 20 ribu mahasiswa UNM dapat menjadi wirausahawan mandiri di masa datang.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel AM Yamin dalam kesempatan sama mengaku mendukung pelaksanaan program ini. Menurutnya, pemprov Sulsel memfasilitasi dalam hal akses permodalan dan pemasaran.

"Ini kegiatan yang positif. Perlu didukung. Memang perlu menghidupkan semangat wirausaha di tingkat mahasiswa. Kalau nanti berhasil, maka bentuk kerja samanya akan ditingkatkan, " tutur Yamin.

Pelatihan Mahasiswa Kewirausahaan UNM sudah kedua kalinya dilaksanakan UNM. Dimulai pada 2010 dengan peserta 100 orang. Tahun ini peserta meningkat menjadi 129 orang. Para peserta yang telah diseleksi dapat mengikuti pelatihan ini secara gratis.

Program ini adalah program Dikti Kemendiknas yang memberikan modal usaha. Pihak Universitas sebagai penyelenggara dan pemprov sebagai fasilitatornya. Program ini berlangsung sekali setahun di UNM. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini