Menkopolhukam Percayakan Kasus Kalapas ke Polisi

K. Yudha Wirakusuma, Okezone · Kamis 10 Maret 2011 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 10 340 433550 1Btf5wf7lP.jpg Ilustrasi (Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mempercayakan kasus Kalapas Nusakambangan diselidiki pihak kepolisian.

"Itulah makanya diselidiki (level dibawah kalapas), kepolisian sudah menyelidiki itu, orang-orangnya juga sudah ada. Kami lihat nanti," katanya di kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Jakarta Pusat, Kamis, (10/3/2011). Djoko menjelaskan, tidak ada arahan khusus dari Presiden SBY soal kasus Kalapas Nusakambangan.

"Itu kan masalah teknis. Sekarang Menkum HAM pergi ke Nusakambangan, saya sampaikan juga tadi harus ada tindakan tegas terhadap siapa saja petugas lapas yang menyalahgunakan kewenangan. Saya sudah menyampaikan demikian. Harus ada pernyataan nanti kalau sudah mendapatkan penjelasan yang lengkap di Nusakambangan, siapa yang bersalah, apa sanksi yang diterapkan bagi orang itu," bebernya.

Saat ditanya tentang opsi penggantian total seluruh petugas Lapas Nusakambangan, Djoko berkata,"Saya tidak tahu opsi yang akan diambil setelah Menkum HAM pergi ke sana."

Pengawasan kepada mereka seperti apa? Menurutnya, sudah ada pengawasan melekat di lapas. "Masalahnya kan kapasitas SDM-nya sendiri. Kalau mereka tidak disiplin, tidak patuh pada aturan, ya orang-orang seperti itu harus diberi tindakan, diberi sanksi, diganti orang yang punya kinerja, punya integritas," sambungnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini