Share

Harvard, Universitas Paling Prestisius di Dunia

Hanna Meinita, Okezone · Kamis 10 Maret 2011 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 10 373 433541 I1iovynxU9.jpg Image: corbis.com

INGGRIS - Universitas Harvard kembali dinobatkan sebagai universitas dengan reputasi paling baik di dunia. Universitas dari Amerika Serikat ini menduduki posisi pertama dalam daftar 200 universitas presitius dunia terbaru yang dilansir majalah Times Higher Education.

Survei dilakukan berdasarkan penilaian dari 13.388 akademisi di 131 negara. Mereka ditanya soal peringkat universitas dengan penelitian dan metode pengajaran yang baik. Hanya akademisi yang telah menerbitkan lebih dari 50 makalah dan bekerja di universitas selama lebih dari 16 tahun yang ambil bagian dalam survei ini.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Survei menyebutkan, di 10 tempat teratas, AS menempatkan tujuh universitas. Inggris menempatkan dua universitas, yaitu Cambridge dan Oxford; sementara Jepang menempatkan satu wakil, yaitu University of Tokyo.

Dalam daftar 100 universitas bergengsi, AS diwakili oleh 45 universitas, Inggris 12 universitas, dan Jepang lima universitas. Sementara Kanada, Australia, Jerman, dan Belanda memiliki empat universitas yang masuk dalam klasifikasi.

Laporan Financial Times pada September 2010 menyebutkan, Harvard adalah universitas terkaya di dunia. Demikian seperti dilansir situs BBC, Kamis (10/3/2011).

Survei yang dilakukan Times Higher Education ini merupakan survei pertama yang murni didasarkan atas reputasi universitas. Selama ini, pihak universitas cenderung menggunakan hasil survei dalam menentukan besaran atas biaya uang sekolah untuk mahasiswanya.

Berikut daftar 10 universitas dengan reputasi terbaik di dunia:

1. Harvard (AS)

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT) (AS)

3. Cambridge (Inggris)

4. California, Berkeley (AS)

5. Stanford (AS)

6. Oxford (Inggris)

7. Princeton (AS)

8. Tokyo (Jepang)

9. Yale (AS)

10. California Institute of Technology (AS)

(rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini