Share

UNS Surakarta Pecahkan Muri dalam Lomba Robot

Septyantoro Aji Nugroho, SUN TV · Jum'at 11 Maret 2011 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 11 373 433818 XpcLdciHW2.jpg Lomba robot di kampus UNS Surakarta (Foto: Septyantoro/SUN TV)

SURAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam lomba robot dengan lintasan terpanjang yakni 1.130 meter, Kamis (10/3/2011) kemarin. Lomba robot line follower  yang digelar di kampus UNS tersebut diikuti sebanyak 85 peserta dari 22 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

 

“Penilaian yang dilakukan adalah waktu yang dibutuhkan robot ini hingga ke finish. Track yang dilalui robot ini semi off road, dan cara berjalannya robot ini adalah dengan membaca garis hitam dan putih sebagai sensornya,” jelas Ketua Panitia, Rochmad Tri Wahyudi, disela-sela lomba.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

 

Menurut Rochmat, lomba yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-35 UNS tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai teknologi robotik yang saat ini semakin populer di Indonesia. Kendala yang dihadapi selain panjangnya lintasan yang harus dilalui, juga kondisi track yang masih basah oleh hujan serta track yang tidak mulus.

 

Hal ini terlihat saat para peserta yang lomba melakukan uji coba, banyak diantara mereka yang gagal menjalankan robot mobilnya untuk melintasi track yang telah dibuat. Bahkan tidak jarang robot yang seharusnya berjalan lurus malah hanya berputar-putar di tempat dan melenceng dari garis yang telah ditentukan.

 

“Lomba seperti ini bukan yang pertama kali kami ikuti, tetapi untuk lintasan terpanjang memang baru kali ini. Hambatannya selain jalannya basah, lintasan juga banyak yang tidak rata sehingga seringkali robot terhambat jalannya,” ujar salah satu peserta, Hardi, dari UII Yogyakarta.

 

Dari 85 peserta yang ikut dalam lomba tersebut hanyak 27 peserta yang bisa finish hingga akhir. Pemenang pertama dari tim 4 Men Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS dengan catatan waktu 9 menit 28 detik, nomor dua dari tim Rex-One  dari PENS ITS dengan catatan waktu 10 menit 33 detik dan juara ketiga dari tim V-8 PENS ITS dengan catatan waktu 10 menit 51 detik.

 

Sementara itu menurut Manager Muri, Sri Widayati, disela-sela pemberian penghargaan mengatakan lomba robot line follower dengan lintasan terpanjang sebelumnya belum pernah dilakukan, sehingga apa yang diselenggarakan UNS merupakan yang pertama kalinya.

 

“Sebelumnya belum pernah ada, sehingga karena ini baru pertama kali dilakukan maka bisa masuk dalam rekor Muri sebagai lomba robot line follower dengan lintasan terpanjang,” jelasnya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini