Share

Lima Belas Universitas Terbaik di Asia

Hanna Meinita, Okezone · Jum'at 11 Maret 2011 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 11 373 433925 cqLeDo3nLa.jpg Foto : University of Tokyo/Asianoffbeat
SINGAPURA – Sebanyak lima belas universitas di Asia masuk dalam daftar 100 universitas paling prestius di dunia versi majalah Times Higher Education (THE). Universitas dari Jepang, University of Tokyo adalah satu-satunya universitas dengan predikat reputasi baik dari Asia dalam daftar 10 besar. Universitas Kyoto, yang juga berasal dari Jepang berada di peringkat 18.

Yang istimewa, salah satu universitas dari Asia Tenggara masuk peringkat ketiga terbaik di Asia. National University of Singapore (NUS) yang berasal dari negara kecil, Singapura berada di peringkat 27. Menurut laporan THE, universitas ini berorientasi global dengan “keahlian khusus dan wawasan yang terkait dengan Asia”. Selain itu, universitas lainnya yang berasal dari Singapura, Nanyang Technological University (NTU) berada di peringkat 95.

Sementara itu, China memiliki dua universitas dalam daftar yakni Tsinghua University dan Peking University, yang masing-masing di peringkat 35 dan 43. University of Hong Kong di peringkat 42 dan Universitas Osaka di peringkat 50. Demikian disitat dari Xinhua, Jumat (11/3/2011).

Universitas Asia lainnya yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik adalah Seoul National University dari Korea Selatan, beberapa universitas di Jepang, India, Hong Kong, dan Taiwan.

Survei yang dilakukan THE ini berdasarkan penilaian dari 13.388 akademisi di 131 negara. Mereka ditanya soal peringkat universitas dengan penelitian dan metode pengajaran yang baik. Hanya akademisi yang telah menerbitkan lebih dari 50 makalah dan bekerja di universitas selama lebih dari 16 tahun yang ambil bagian dalam survei ini.

Peringkat pertama ditempati Universitas Havard, diikuti Massachusetts Institute of Technology (MIT) kemudian University of Cambridge. Tercatat, ada 45 universitas dari Amerika Serikat dalam daftar 100 universitas terbaik dunia.

Enam universitas yang masuk dalam daftar enam besar, yaitu Harvard, MIT, Cambridge, Universitas California, Berkeley, Stanford University, dan Oxford, membentuk kelompok yang dijuluki sebagai “merek super”.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini