Share

IPB Beri Latihan Wirausaha Agribisnis

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Minggu 13 Maret 2011 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 12 373 434237 p09JwFl1dz.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Tidak hanya mendidik mahasiswanya, Institut Pertanian Bogor (IPB) juga memberi pelatihan kewirausahaan agribisnis bagi para wirausahawan muda di provinsi Jawa Barat.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) IPB Pudji Mulyono menjelaskan, selama dua bulan, IPB telah mengadakan pembekalan wirausaha agribisnis kepada 197 orang perwakilan seluruh kabupaten di Jawa Barat. Mereka merupakan peserta Pelatihan Intensif Kewirausahaan Agribisnis Ikan Air Tawar dan Peternakan, hasil kerja sama IPB dan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Selama mengikuti pelatihan, peserta diberikan pembekalan berupa manajemen usaha perikanan dan peternakan, teknologi agribisnis, penyusunan rencana usaha, dan aneka pembekalan softskill," kata Pudji seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (13/3/2011).

Rektor IPB Prof. Herry Suhardiyanto memaparkan, pelatihan ini merupakan salah satu jawaban atas persoalan ketahanan pangan, persoalan akan pemenuhan kebutuhan protein bangsa, di samping untuk memperluas lapangan kerja.

Saya berharap, para pemuda tersebut dapat menjadi wirausaha tangguh dan

tersistem. Menguasai pasar dari hulu sampai hilirnya," ujar Rektor menandaskan.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Kusmayadi, MSc. menegaskan, para peserta program sebaiknya tidak hanya berpikir budidaya, tetapi juga harus memikirkan pasarnya. "Untuk itu, ada baiknya para pemuda Agri Mandiri ini membentuk suatu lembaga untuk memudahkan terjalinnya komunikasi," kata Kusmayadi menambahkan.

Mayoritas, peserta program pelatihan Agri Mandiri ITB ini tertarik untuk

berwirausaha budidaya ikan lele dan penggemukan domba. Hal itu terlihat dari proposal yang mereka ajukan.

Kusmayadi berjanji akan mengkaji proposal yang diajukan para pemuda Agri Mandiri. Dia juga akan mengajak para peserta magang  di UPTD Peternakan serta UPTD Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini