Share

Kemendiknas Perbaiki Tata Kelola Organisasi

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Minggu 13 Maret 2011 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 12 373 434240 DIpM0WDuic.jpg Image: corbis.com

JAKARTA - Sebagai bagian dari reformasi birokrasi, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) juga memperbaiki tata kelola organisasi.

Sekretaris Jenderal Kemendiknas Dodi Nandika menyampaikan, tata kelola organisasi diharapkan lebih transparan, lebih anti korupsi, lebih bersih, dan lebih akuntable. "Ada basis yang kuat tentang bagaimana tata kelola pendidikan itu dibenahi," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemendiknas, Minggu (13/3/2011).

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dodi menambahkan, pada awal Maret 2011 Kemendiknas telah menyerahkan laporan keuangan tahun 2010 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan tepat waktu. Selain itu, telah diserahkan juga laporan akuntabilitas pemerintah kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kami juga telah menjalankan kebijakan program 2011 karena DIPA sudah disahkan," katanya.

Tata kelola organisasi ini juga menjadi perhatian dalam Rembuk Nasional Pendidikan (RNP) 2011. Di antaranya dengan melakukan sosialisasi dan pemantapan pelaksanaan kebijakan, program, kegiatan, dan anggaran pembangunan pendidikan tahun 2011. Sosialisasi tersebut difokuskan pada upaya untuk meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan; memperluas keterjangkauan layanan pendidikan; meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan; mewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layan pendidikan; dan menjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan. 

RNP 2011 diselenggarakan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (d/h. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai) Kemendiknas, Bojongsari, Depok, pada 15-18 Maret mendatang. Dijadwalkan,  791 stakeholders dalam bidang pendidikan ambil bagian dalam rembuk tahunan itu. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini