nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Jadi Digugat Rp1 M, KFC Didenda 1.000 Pohon

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2011 00:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 03 16 340 435581 Flo7MJ7nI4.jpg Restoran KFC di Jalan Ahmad Yani, Padang. (Foto: okezone)

PADANG - Akhirnya Pemerintah Kota Padang melunak pada restoran cepat saji Kentucky Fried Chiken (KFC). Semula Wali Kota Padang menuntut KFC membayar Rp1 miliar.

Restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu dianggap tidak menjaga pohon penghijauan kota sehingga tumbang saat angin kencang disertai hujan deras menerjang Padang pada 28 Desember 2010 lalu.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Padang, Emzalmi, restoran yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani itu tidak menjaga pohon pelindung.

“Temuan kami, pihak KFC mengecor beton keliling pohon penghijau yang berusia 80 tahun (sebelumnya disebut ratusan tahun), sehingga air tidak bisa merembes ke akar pohon. Akibatnya, pohon menjadi kurus dan akhirnya tumbang,” ujar Emzalmi kepada wartawan di Balai Kota Padang, Jalan M Yamin, Rabu (16/3/2011).

Emzalmi menambahkan, batang pohon mahoni yang disediakan KFC harus setinggi 2 meter. Tak hanya itu KFC harus menyerahkan paling lambat 3 hari terhitung sejak kemarin.

“Jika belum dibayar maka denda Rp1 miliar itu akan diteruskan dan izin usahanya bisa dicabut wali kota,” ujarnya.

Tuntutan yang dilayangkan kepada KFC oleh Wali Kota Padang ini berdasar Undang Undang Lingkungan Hidup dan Perda Kota Padang, Nomor 11 Tahun 2005.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini