MUI Sumbar Sepakat Tayangan Uya Emang Kuya Haram

Rus Akbar, Okezone · Jum'at 25 Maret 2011 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 25 340 438864

PADANG- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat (Sumbar) sepakat dengan keputusan Forum Bahtsul Masa’il yang digelar Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se Jawa-Madura yang memutuskan tayangan hipnotis “Uya Memang Kuya” dinilai haram.

“Tayangan ini dilarang karena membuka aib seseorang di depan publik dan orang yang bersangkutan,” kata Sekretaris MUI Sumbar, Nurman Agus, saat ditemui okezone, di kantornya, Jumat (25/3/2011).

Dia menjelaskan, hipnotis yang dilakukan Uya dalam program tersebut juga dinilai tidak membuat nyaman orang yang dihipnotis.

“Ini merupakan suatu perbuatan yang tidak menyenangkan dan bisa merusak hubungan dan pergaulan seseorang, dan akibatnya akan timbul masalah pertengkaran. Karena saat sadar orang tersebut malu dengan hasil hipnotis tersebut,” ujarnya.

”Larangan membuka aib seseorang di depan umum itu ada dalam Al- Quran, akibatnya bagi suami istri bisa bertengkar dan pasangannya muda-mudi bisa putus ini kan jadi merusak hubungan,” tegasnya.

Meski demikian, karena ini terkait dengan salah satu stasiun TV di Jakarta, maka MUI Sumbar melimpahkan masalah ini ke MUI pusat untuk mengeluarkan fatwa larangan acara hipnotis tersebut.

”Jika sudah difatwakan MUI Pusat, kita di Sumatera Barat tinggal melanjutkan,” pungkasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini