Konflik PSSI Sangat Mungkin Berlanjut ke Setgab

Muhammad Saifullah , Okezone · Rabu 30 Maret 2011 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2011 03 30 339 440490 b8jBCKeukK.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pendapat Mensesneg Sudi Silalahi bahwa perseteruan Menegpora Andi Mallarangeng dengan Nurdin Halid tak akan merembet ke Setgab Partai Koalisi mendapat sanggahan.

Pengamat politik dari President University, AS Hikam mengungkapkan konflik antara Andi Mallarangeng dan Nurdin Halid berpotensi besar bakal berlanjut ke Setgab.

Indikasi hal itu pun telah mulai bermunculan. Elit Partai Demokrat mendukung penuh kebijakan Andi membekukan PSSI. Sebaliknya elit Partai Golkar mulai mempertanyakan payung hukum kebijakan Andi.

“Yang repot nanti bisa merembet ke Setgab lagi. Mungkin urusannya cuma soal PSSI, tapi karena ini memiliki implikasi luas ke publik, kalau dipolitisasi jadi sangat serius,” ungkapnya kepada okezone di Jakarta, Rabu (30/3/2011).

Hikam menyarankan agar Andi dan Nurdin sama-sama menyelesaikan persoalan ini dengan kepala dingin. Alih-alih membawa persoalan ini ke ranah politik, akan lebih baik mencari solusinya dengan menggelar kongres lanjutan.

“Lebih baik Menegpora tak terlalu ngotot dan Nurdin tak terlalu bersiteguh, segera dicarikan solusi ada kongres lagi sehingga PSSI kembali ke organisasi sipil bukan underbow partai politik,” tutupnya.

Pembatalan Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu berdampak fatal bagi PSSI. Pemerintah melalui Kemengpora membekukan kepengurusan PSSI dibawah kepemimpinan Nurdin Halid. Nurdin pun meradang dan meminta Presiden segera mencopot Andi Mallarangeng karena bersikap tidak netral dalam konflik PSSI.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini