Cara Baru Ibu Rumah Tangga Berbisnis

Jum'at 01 April 2011 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 01 285 441351 yXa31pS2vm.jpg

Judul Buku: Rumahku Perusahaanku (Panduan Bisnis Ibu Rumah Tangga di Era Internet)

Penulis: Siti Nur Aryani

Penerbit: Nuansa Cendekia dan Memetika Bandung

Tebal: 282 Halaman

Harga : Rp45.000

 

Istilah rumah industri mulai berkembang di Amerika Serikat dan Eropa ketika jaringan internet dan telepon seluler mewabah ke desa-desa. Dengan kemampuan komunikasi dan informasi yang begitu hebat sampai-sampai membuat orang bisa melakukan usaha sambilan, usaha rumahan dan bahkan banyak yang berani melakukan usaha total dan berkembang menjadi usaha kantoran yang terpisah dari rumah.

Terkait dengan situasi globalisasi informasi seperti ini, ibu rumah tangga di negara dunia ketiga seperti Indonesia, justru memiliki banyak peluang untuk melakukan terobosan usaha mandiri tanpa harus terikat oleh sistem kerja kantoran.

Rumahku Perusahaanku adalah buah karya yang patut dibaca para ibu rumah tangga karena dua alasan utama. Pertama, selama ini beberapa buku wirausaha bicara praktis semata tanpa membicarakan masalah-masalah mendasar dari kondisi perempuan di Indonesia. Kedua, buku-buku yang telah terbit biasanya kurang sensitif dengan budaya perempuan Indonesia, terutama pada perbedaan ibu rumah tangga di perkotaan dengan pedesaan.

Dengan menempatkan pada dua nilai lebih buku ini, ibu rumah tangga di era internet sekarang ini mendapatkan banyak hal prinsipil sebagai bekal bisnis. Pembaca akan mendapatkan tiga langkah berwirausaha dari rumah dengan modal skill (kecerdasan), kepribadian dan mentalitas.  Jika Anda seorang pelaku usaha yang sudah menjalankan bisnis, buku ini akan bernilai untuk menambah daya semangat dan membuka wawasan menembus kesuksesan bisnis yang Anda lakukan.

Kalau profesi Anda adalah karyawan, tetaplah penting punya usaha sendiri. Kalau Anda ibu rumah tangga yang menganggur, itu kesempatan terbaik mengambil peluang dengan menyerap motiviasi dari buku ini. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, buku ini sangat tepat untuk memandu pola pikir dan strategi bisnis ala kota dengan menempatkan kota sebagai realitas objektif di mana situasi kota begitu ramai oleh lalu-lintas perdagangan. Sedangkan bagi Anda yang berada di desa, cocok karena buku ini memberikan analisa khusus berkaitan dengan penggalian potensi lokal seperti kerajinan tradisional dan produk-produk unggulan lain.

Melalui buku ini penulisnya menyajikan pandangan lain bahwa ternyata ibu rumah tangga dengan pendidikan pas-pasan, memiliki potensi yang bagus. Justru patut disayangkan kalau potensi dan ketrampilan yang kita miliki itu diserahkan ke perusahaan orang lain sementara kita bisa membuat perusahaan sendiri. Inilah modal dasar yang harus dikembangkan.

Usaha apa yang ditawarkan buku ini?

Bukan masalah usaha apa yang menjadi persoalan pada ibu rumah tangga, melainkan bagaimana  kita melakukan usaha itu. Ibu-ibu dengan sejumlah potensi, baik potensi pribadi maupun potensi kesempatan (peluang) mestinya segera bergerak berbisnis. Agar kita bisa memulai, kita lakukan segera.

Melakukan apa?

Langkah pertama dan itu sangat terpenting adalah mengubah pola pikir. Langkah kedua adalah memahami potensi dan kekurangan diri untuk kemudian mengubahnya menjadi energi positif. Ketiga, memperkuat pemikiran dan kepribadian dengan belajar sendiri. Keempat, memahami perubahan kehidupan, khususnya di era internet sekarang ini.

Dari sekian buku motivasi dan how to bisnis/wirausaha, buku ini layak menjadi pegangan para ibu karena ditulis secara khusus untuk ibu rumah tangga Indonesia.

Makmun Yusuf

Pecinta Buku

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini