Kebakaran Lahan, Pekanbaru Diselimuti Asap

M Yusuf, SUN TV · Minggu 03 April 2011 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 03 340 441818 Qv9BRQ5ob6.jpg Ilustrasi

PEKANBARU – Kota Pekanbaru, Riau, kembali diselimuti kabut asap hari ini. Selain mengganggu jarak pandang, asap juga mengakibatkan perih di mata pengendara sepeda motor. Kejadian ini diakibatkan kebakaran lahan di Pekanbaru yang dilanda kemarau meski sebagian wilayah di Tanah Air sudah memasuki musim hujan, bahkan sampai kebanjiran.

 

Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru mencatat terdapat sebelas titik api yang terpantau Satelit NOA. Secara keseluruhan di Pulau Sumatera terdapat 37 titik api.

 

“Sebelas titp api tersebar di 7 kabupaten/kota di Riau yakni, Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir masing-masing 3 titik dan Dumai, Siak, Kuantan Singingi, Pelalawan serta Kampar masing-masing satu titik,” ujar Staf Analis BMKG Pekanbaru Marzuki kepada wartawan, Minggu (3/4/2011).

 

Berdasarkan pemantauan, seluruh jalan protokol di Kota Pekanbaru diselimuti asap dengan jarak pandang sekira 900 meter. Namun, kabut belum sampai mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Sarif Kasim.

 

Marzuki menambahkan, kepekatan kabut asap sebenarnya bisa berkurang jika intensitas hujan naik. Namun, saat ini intensitas hujan di Pekanbaru masih tergolong rendah.

 

Fenomena kabut asap bukan hal baru di Pekanbaru. Kejadian ini selalu berulang tiap tahun tanpa ada upaya pencegahan serius dari pemerintah setempat. (abe)

(hri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini