nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiu Tutul 10 Meter Mati Terdampar di Situbondo

Bambang Sugiarto, Jurnalis · Senin 04 April 2011 21:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 04 04 340 442255 TxFmsnwChj.jpg Ikan hiu terdampar di Desa Semiring, Mangaran, Situbondo, Jatim. (Dok: Sun TV)

SITUBONDO- Seekor ikan hiu tutul sepanjang lebih dari 10 meter terdampar di perairan utara Situbondo, Jawa Timur, Senin siang. Ikan hiu raksasa ini menjadi tontonan warga.

Ikan hiu yang terdampar di pinggir pantai perairan utara Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Situbondo ini diduga sudah mati sejak 10 hari lalu. Sebab warna tubuhnya sudah berubah kecoklatan dan mengeluarkan bau tak sedap.

Meski bau, bangkai ikan hiu raksasa ini tetap mengundang rasa penasaran warga untuk melihat dari dekat. Namun mereka mengaku takut memegangnya.

Hariman, nelayan Desa Semiring, mengungkapkan, ikan hiu itu terdampar saat air laut surut. “Ini baru pertama kali warga pesisir melihat ikan hiu sebesar itu mati terdampar,” ungkap Hariman di lokasi, Senin (4/4/2011).

Bau yang menyengat membuat warga dan nelayan tak ada yang berani mendekat. Mereka hanya melihat dari kejauhan bangkai ikan raksasa itu.

Apalagi, warga desa menduga ikan hiu raksasa tersebut mati karena dampak radiasi nuklir di Samudra Pasifik pasca-gempa bumi Jepang pada 11 Maret lalu.

Pasalnya, sebelumnya warga belum pernah menyaksikan ada hiu yang terdampar, apalagi mati di wilayah mereka. Hingga Senin sore, belum ada upaya untuk mengevakuasi ikan raksasa tersebut.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini