Share

Alumni ITB Didorong Jadi PNS

Iman Herdiana, Okezone · Senin 04 April 2011 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 04 373 442137 K8TVih6gIu.jpg Ilustrasi PNS usai upacara (Foto: dok. okezone)

BANDUNG- Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengakui sulit menemukan alumni ITB yang kerja di pemerintahan atau pegawai negeri sipil (PNS).

Maka saat ini ITB tengah mendorong supaya alumninya mau bekerja sebagai PNS atau di sektor pemerintahan. "Saat ini ITB seluruhnya sulit cari alumni yang mau jadi pegawai negeri,"  kata Akhmaloka kepada okezone baru-baru ini.

Dia menyebutkan, 70 persen alumni ITB bekerja di sektor swasta, atau di luar instansi pemerintah. Sedang 30 persen sisanya menjadi wiraswasta atau melanjutkan kuliah. "Dan sedikit sekali yang kerja di pemerintahan," imbuhnya.

Penyebabnya, sebut Akhmaloka banyak mahasiswa yang diberi beasiswa oleh perusahaan asing dan swasta kemudian dikontrak kerja setelah lulus. Ini terjadi hampir di semua fakultas di ITB, terutama di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

"Memang banyak sekali perusahaan yang meminati mereka sebelum lulus. Makanya kita sedang menggalakkan supaya alumni ada juga yang menjadi pegawai negeri," ujarnya.

Mulai tahun ini, kata Akhmaloka, ITB mendorong alumninya masuk ke pemerintahan atau lembaga-lembaga riset. Sehingga mereka punya kiprah di pemerintahan.

"Jika tidak ada yang masuk ke pemerintahan atau menjadi PNS, maka ITB tidak punya wakil di sana. Jadi kalau bisa masuk ke pemerintah," ujarnya. (rfa)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini