KPK Temukan 3 Pelanggaran Dana Sepakbola

Bagus Santosa, Okezone · Selasa 05 April 2011 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 05 339 442535 R1OXSCWMjP.jpg Maket Gedung DPR Baru (Ist)

JAKARTA - Hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memaparan hasil kajian pengelolaan dana bantuan sosial di pemerintahan daerah, penggunaan dana APBD untuk klub sepakbola kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, dan sejumlah kepada daerah.

Dalam paparannya, pimpinan KPK M Jasin mengatakan, pihaknya menemukan beberapa pelanggaran dalam pengelolaan dana tersebut. "Hasil kajian penggunaan dana APBD untuk klub sepakbola, KPK mengidentifikasi tiga temuan," katanya di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/4/2011).

Menurut Jasin, tiga temuan pertama, dilanggarnya asas pegelolaan keuangan daerah pada pengelolaan dana APBD bagi klub sepakbola. Kedua, adanya rangkap jabatan pejabat publik pada penyelenggaraan di daerah yang dapat menimbulkan konflik kepentingan. Ketiga, dilanggarnya prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan hibah dari APBD.

Sekadar diketahui, dugaan korupsi di PSSI pertama kali dilaporkan Indonesia Corruption Watch. ICW mengeluarkan data atas dugaan korupsi dana APBN dan APBD serta sejumlah klub Liga Super Indonesia. ICW menduga, dana yang dikorupsi setiap tahunnya mencapai Rp720 miliar.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini