Cegah Korupsi, KPK Monitoring Penggunaan APBD

Bagus Santosa, Okezone · Selasa 05 April 2011 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 05 339 442757 19ivqOJXFx.jpg Gedung KPK (Foto:flickr.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memaparkan hasil kajian terkait penggunaan dana APBD untuk klub sepakbola. Hal ini bertujuan agar tak ada lagi penyimpang uang negara.

"Justru untuk menata kembali agar tidak ada penyimpangan. Dana-dana yang harusnya bukan untuk klub itu, bukan diberikan untuk klub," ungkap Wakil Ketua KPK M Jasin kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/4/2011).

Menurut Jasin, kajian tersebut dilakukan berdasarkan fungsi KPK sebagai monitoring lembaga pemerintah. "KPK sesuai UU 30 Tahun 2002 mempunyai fungsi monitoring terhadap instansi pemerintah dalam menjalankan sistem. Dalam fungsi itu KPK berhak memberikan saran terhadap institusi pemerintah. Jika dalam pelaksanaannya ada kejanggalan-kejanggalan dan indikasi korupsi, maka KPK berkewajiban memberikan saran dan rekomendasi," beber Jasin.

Disingung pembentukan master plan baru guna mempertegas aturan ini, Jasin mengatakan KPK menyerahkannya kepada Kemendagri dan Menpora. "Itu Kemendagri, Menpora, satu bulan dari sekarang, 4 Mei," ungkapnya. Menurut Jasin, jika tidak ditindaklanjuti maka hal ini akan dilaporkan ke presiden. "Dan bila tidak ditindaklanjuti maka akan dilaporkan presiden," tegasnya.

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini