KY Belum Panggil Hakim Perkara Baasyir

Kholil Rokhman, Koran SI · Rabu 06 April 2011 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 06 339 443124 htizfxlQLr.jpg

JAKARTA- Komisi Yudisial (KY) mengklarifikasi terkait rencana pemanggilan hakim perkara Abu Bakar Baasyir.

"KY sampai saat ini belum mengirimkan surat pemanggilan pemeriksaan kepada hakim kasus Abu Bakar Baasyir," kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar kepada wartawan (6/4/2011).

Dia mengatakan, surat yang ditujukan KY ke majelis hakim perkara Abu Bakar Baasyir adalah permintaan klarifikasi tertulis atas apa yang terjadi di pengadilan. Klarifikasi tersebut akan dijadikan bahan dalam pendalaman. Sehingga, KY tidak mendapatkan laporan dari satu pihak saja yakni dari kuasa hukum Abu Bakar Baasyir.

Asep mengatakan, sampai saat ini posisi pelaporan terkait hakim perkara Abu Bakar Baasyir masih dalam pendalaman dan penelaahan. Pihak KY pun belum meminta keterangan pihak manapun.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pun menyatakan telah menjawab panggilan KY terkait pemeriksaan 16 saksi terdakwa dugaan tindak pidana terorisme dengan terdakwa Abubakar Baasyir secara teleconference beberapa waktu lalu.

Ketua Majelis Hakim sidang perkara Baasyir, Herri Swantoro mengatakan panggilan tersebut sudah dijawab melalui surat yang dikirim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ke Komisi Yudisial.

Namun dia enggan membeberkan isi jawaban surat tersebut.  Seperti diketahui pada 28 Maret lalu Komisi Yudisial melalui Sekretaris Jenderal KY, Muzayyin Mahbub melayangkan surat panggilan kepada Majelis Hakim atas perkara Baasyir. Pemanggilan ini terkait dengan pemeriksaan 16 saksi secara teleconference beberapa waktu lalu.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini