nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Kelelawar Serang Desa, Tanaman Mati

Andi Mandacang, Jurnalis · Kamis 07 April 2011 08:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 04 07 340 443354 xZybIhQBC2.jpg Kelelawar menyerang pohon kelapa di Desa Tondowatu, Sulteng. (Dok: Sun TV)

KOLAKA- Entah dari mana datangnya ribuan kelelawar itu. Binatang yang biasanya keluar pada malam ini malah menyerang sebuah desa di Sulawesi Tenggara, pada siang hari.

Ribuan kelelawar secara tiba-tiba memenuhi Desa Tondowatu, Kecamatan Uluiwoi, Kabupaten Kolaka pada Rabu (6/4/2011) siang kemarin.

Kelelawar menyerang pohon kelapa warga. Sekali serang, ratusan pohon kelapa mati digigiti kelelawar. Tak hanya kelapa, kelelawar juga menghinggapi pohon mangga dan tanaman lainnya.

Anehnya, kelelawar tersebut tidak hanya memakan buah, dedaunan pohon yang dihinggapi juga disantap.

Warga Desa Tondowatu tidak dapat berbuat banyak menghadapi serangan ribuan. Saat dihalau, kawanan kelelawar cepat berpindah ke pohon lainnya.

Abdi, warga Desa Tondowatu mengatakan, serangan ribuan kelelawar ini sudah berlangsung selama hampir 2 tahun. Tak sedikit kerugian yang diderita warga karena tanaman mereka mati.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kolaka, Kasim Madaria mengatakan diduga ribuan kelelawar ini berimigrasi setelah wilayah habitat mereka di goa, hutan, dan hulu Sungai Eha dirusak sejumlah orang yang tidak bertanggung jawab.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini