nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidang Abu Bakar Baasyir Diundur

Fitriyah Tri Cahyani, Jurnalis · Senin 11 April 2011 11:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 04 11 339 444529 BFyi0pXN5X.jpg Abu Bakar Baasyir (Foto:Reuters)

JAKARTA - Sidang kasus terorisme dengan terdakwa Abu Bakar Baasyir kembali diundura. Rencananya sidang dengan agenda pemeriksaan saksi akan dilanjutkan pada Rabu 13 April 2011 mendatang.

Penundaan tersebut disebabkan, saksi yang dihadirkan masih kurang. Hari ini, Senin (11/4/2011) persidangan hanya menghadirkan satu saksi. Seharusnya ada dua saksi yang dijadwalkan hadir yakni ahli psikolog dan ahli pidana, Sarlito Wirawan dan Khoirul Huda

Hakim Ketua, Hery Siswanto juga memberikan kesempatan kepada terdakwa, untuk dapat mengadirkan saksi yang meringankan terdakwa. Sementara itu, tim pengacara Abu Bakar Baasyir juga menyatakan akan berusaha mendatangkan saksi meringankan,dari ahli agama.

Sarlito Wirawan dalam kesaksiannya mengungkapkan, setelah masyarakat Aceh telah melihat penangkapan,video pelatihan di Aceh yang  telah tersebar luas di media massa, masyarakat Aceh, merasa resa dan takut. “Sehingga masayarakat Aceh,melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian. Karena masyarakat aceh merasa terteror dengan video tersebut,” kata sarlito.

Menurut Sarlito, teror dan terorisme adalah hal yang berbeda, karena teror merupakan hal yang membuat rasa takut terhadap orang. “Sedangkan terorisme membuat rasa takut pada seseorang yang terdapat unsur motivasi,” katanya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini