Waduh... Wabah Ulat Bulu Sudah Sampai ke Bandung

Yugi Prasetyo, Koran SI · Selasa 12 April 2011 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 12 340 445027 kS44KnUtgu.jpg Ulat bulu yang menyerang wilayah Jombang (Foto: Mukhtas Bagus/Sun TV)

BANDUNG- Wabah ulat bulu kini sudah masuk ke Kota Bandung, kini ratusan ulat bulu itu menyerang rumah salah satu warga di Perumahan Cibolerang Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Ulat-ulat bulu tersebut menyerang pohon Katapang Kencana. Untuk itu, Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung mulai melakukan antisipasi agar wabah tersebut tidak meluas.

"Saya baru mendapatkan laporan dari staf saya, bahwa di pohon di rumahnya sejak dua hari lalu banyak ditemukan ulat bulu, daun di pohon tersebut sudah habis," kata Kepala Distankam Yogi Supardjo kepada wartawan di Balaikota Jalan Wastukencana, Selasa (12/4/2011) siang.

Untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, pihaknya akan melakukan penyemprotan di berbagai taman kota yang ada di Kota Bandung, seperti Tegalega, Balaikota, dan Pendopo Kota Bandung.

"Besok kami akan melakukan penyemprotan dengan obat yang sistematik di tiga lokasi tersebut, sehingga saat ulat bulu menggigit daun akan mati. Obat tersebut memang berbahaya untuk manusia, sehingga akan dilakukan penyemprotan pada sore hari," terangnya.

Untuk penanganan lebih lanjut dan tidak mempan dengan penanganan yang akan dilakukan, Yogi akan menanyakan insektisida yang ampuh kepada Kementerian Pertanian.

"Soalnya ada beberapa insektisida karena salah pemakaian oleh warga, sehingga ulat bulunya jadi kuat terhadap insektisida tersebut," tandasnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini