Share

Pekan Depan KY Panggil Pengacara Antasari

Kholil Rokhman, Koran SI · Jum'at 15 April 2011 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 15 339 446295 dWol8Ofute.jpg Mantan Ketua KPK Antasari Azhar (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) terus menindaklanjuti dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim yang menangani perkara Antasari Azhar. KY berjanji dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan, rekomendasi KY terkait hakim perkara Antasari akan diumumkan.

"Tapi sebelum hasil akhir tentu ada proses dulu. Minggu depan KY akan meminta keterangan pengacara Antasari," kata Juru Bicara KY Asep Rahmat Fajar seusai acara penandatanganan nota kesepahaman antara KY dengan jejaring KY di daerah di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2011).

Asep mengatakan, KY akan meminta keterangan pengacara Antasari sejauh mana dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim dalam perkara Antasari. Setelah pengacara, selanjutnya saksi dan ahli dalam perkara Antasari yang akan dimintai keterangan. "Baru kemudian akan meminta keterangan hakim," katanya.

Asep mengungkapkan, dalam standar prosedur KY, penelaahan laporan memakan waktu tiga sampai empat bulan. Maka, laporan dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim dalam perkara Antasari akan selesai dalam waktu satu sampai dua bulan ke depan. "Satu atau dua bulan ke depan akan ada rekomendasi dari KY," katanya.

Asep menegaskan, terkait perkara Antasari tersebut KY tidak punya wewenang untuk mengubahputusan hakim. Menurutnya, dari putusan perkara Antasari tingkat pertama sampai kasasi dan juga saat peninjauan kembali nanti, hal itu kewenangan hakim.

Diketahui, KY mengungkapkan ada dugaan pelanggaran profesionalisme dari majelis hakim perkara Antasari. Pelanggaran diduga dilakukan karena majelis hakim dari tingkat pertama sampai kasasi mengabaikan beberapa bukti bukti kunci dalam perkara Antasari.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini