Polisi Buru Aset Century hingga ke Hongkong

Rizka Diputra, Okezone · Rabu 20 April 2011 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 20 339 448120 e0AsAAQUTB.jpg ilustrasi

JAKARTA - Mabes Polri hari ini kedatangan tamu dari Hongkong yakni Kepala Polisi Hongkong. Maksud dan tujuan kedatangannya adalah melakukan kerjasama persoalan penanganan tindak kriminal dan aset recovery dalam kasus Bank Century.

 

"Ini kunjungan Kepala Kepolisian Hongkong, beliau menjajaki kerjasama di bidang pendidikan, kapasitas pendidik di Hongkong juga kan ada permasalahan yang mungkin kita minta bantuan beliau tentang aset recovery Bank Century," ujar Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (20/4/2011).

 

Ito menambahkan, pihak Hongkong berjanji akan membantu sejumlah permasalahan kriminal yang dilakukan WNI disana.

 

"Saya juga baru kembali dari Hongkong. Sejauh ini perlakuan pemerintah Hongkong terhadap tenaga kerja kita baik. Mudah-mudahan dari pertemuan ini bisa memberikan kontribusi yang positif untuk kerjasama khususnya di bidang kepolisian," tandasnya.

 

Lantas, aset recovery tersebut dalam bentuk apa? "Ini kemarin yang terkait Century. Ada bebrapa persyaratan yang harus dipenuhi. Nah nanti beliau yang akan sebagai otoritas keamanan," jelas Ito.

 

Sementara itu, Komisioner Kepolisian Hongkong Andi WH Tsang mengatakan, Hongkong siap membantu Indonesia dalam menyelesaikan persoalan crime yang terjadi di wilayahnya. Dia menjelaskan hal tersebut bisa dilakukan karena adanya perjanjian ekstradisi antar kedua negara.

 

"Ya, kita punya perjanjian semacam itu (ekstradisi). Kunjungan kali ini kami kepolisian Hongkong untuk membuat kesepakatan manajemen," jelasnya.

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini