Wanita Ini Hidup 20 Tahun Dipasung

Ahmad Hanafi, Global · Rabu 27 April 2011 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 27 340 450488 vyNsysDG7V.jpg Sunarti habiskan hari hari di bilik (Foto: Ahmad H/Sun TV)

JEMBER- Melihat ke sela-sela bilik ruangan, mungkin hanya itu yang bisa dilakukan oleh Sunarti. Warga Dusun Krajan, Desa Curah Takir, Kecamatan Tempurejo, Jember, Jawa Timur, itu terpaksa dipasung oleh keluarga.

Ini dilakukan karena keluarga tidak mau Sunarti mengganggu orang. Tidak tanggung-tanggung, Sunarti telah dipasung selama 20 tahun.

Sutik, kakak Sunarti, menjelaskan sebenarnya keluarga tidak tega dengan perlakuan itu. Kemiskinan merupakan satu-satunya alasan Sunarti tak mendapatkan pengobatan dari rumah sakit.

Sutik menceritakan, kakaknya mengalami gangguan jiwa sejak ditinggal sang suami 20 tahun silam. Tragisnya, sang suami tidak menceraikan Sunarti dan memilih kabur dengan perempuan lain.

Kini di usia 41 tahun, Sunarti hanya bisa memandang suasana luar melalui celah-celah bilik. Meski bisa dibilang kalau bilik tersebut tak layak huni, bahkan bisa disebut mirip kandang hewan.

Sehari-hari dia hanya diurus Sutik meski hidup dengan keterbelakangan ekonomi. Keluarga berharap pemerintah daerah membantu meringankan penderitaan Sunarti agar bisa sembuh dan kembali ke tengah-tengah keluarga.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini