nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Direktur Baru KPK Janji Bereskan Kasus Besar

Taufik Hidayat, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2011 14:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 04 339 453223 zFDS7cDC8P.jpg Ilustrasi (Foto: daylife)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik Kombes Yurod Saleh sebagai Direktur Penyidikan yang baru.

 

Usai dilantik, Yurod mengaku menjamin kasus yang akan ditanganinya tidak akan dipengaruhi dengan kepentingan politik.

 

"Tergantung aparat di sini, mau menegakkan politik atau menegakkan hukum. Kalau saya menegakkan hukum kembali berdasarkan pembuktian. Insya Allah tidak (berpengaruh terhadap politik)," katanya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (4/5/2011).

 

Mantan Analis Utama pada Bareskrim Mabes Polri ini berjanji akan mengungkap kasus yang menjadi perhatian publik. Dia pun segera melakukan diskusi terkait dengan kasus yang ditangani bersama para anggotanya.

 

"Saya pikir-pikir kasus yang menonjol pemberitaan itu yang akan kita sidik. Besok pagi kumpulkan anggota, masukan apa dan apa kendala-kendalanya," katanya.

 

Menanggapi rencana revisi UU Tipikor, Yurod mengatakan pemberantasan korupsi harus mempunyai semangat yang sama di antara sesama penegak hukum. Pemberantasan korupsi, kata dia, bukan milik KPK, tetapi penegak hukum lainya seperti kepolisian dan kejaksaan.

 

"Kita harus punya semangat yang sama bahwa tugas pemberantasan korupsi itu bukan milik salah satu aparat penegak hukum tetapi kewajiban komponen masyrakat, termasuk KPK. Oleh karena itu kalau ada hal-hal di luar, misalnya salah menafsirkan pemberantasan korupsi punya seseorang atau lembaga, tetapi kita semuanya adalah satu kesatuan, kita bersinergi," pungkasnya.

(lam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini