Share

UI Bukan Lagi Kampus Kuning?

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Jum'at 06 Mei 2011 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 06 373 454219 6BWKg6mVua.jpg Ilustrasi: ist.

DEPOK - Rimbunnya pepohonan yang menaungi kampus Universitas Indonesia (UI) membuat kampus ini tak lagi identik dengan warna kuning. Melainkan warna hijau.

Ungkapan UI sebagai kampus hijau disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abu Bakar dalam acara peresmian dan penandatanganan prasasti penanaman pohon African Baobab di kampus UI hari ini.

"Kampus UI terkenal dengan warna kuningnya kini berubah menjadi hijau. Dulu gelar kampus hijau disandang Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Padjadjaran (IPB). Kini gelar itu juga disandang UI," kata Mustafa, Jumat (6/5/2011).

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta sependapat dengan Mustafa. Dia berharap, sebagai kampus hijau, UI akan konsisten dalam pemanfaatan energi solar sistem yang kini diterapkan di perpustakaan baru. "Saya mengapresiasi pengaplikasian roof garden di perpustakaan UI. Saya juga menemukan banyak jenis pohon menaungi UI. Benar-benar green campus," Gusti berujar.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zairi Saleh, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Penyanyi legendaris Iwan Fals pun turut sumbang suara dalam konser hijau. 

Sejak September 2010 lalu, UI merelokasi sepuluh pohon African Baobab dari SUbang ke kampus UI Depok. Pohon berdiameter 4,5 m dengan berat hingga 100 ton ini memiliki banyak kegunaan misalnya dalam penyimpanan cadangan air, serta pemanfaatan daun dan buahnya sebagai bahan obat.  

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini