nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Roy Suryo Desak Sekjen DPR Buka Data Pengadaan IT

Ferdinan, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2011 13:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 05 11 339 455840 8E8Rmde7yE.jpg ist

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Roy Suryo mendesak Sekretariat Jenderal DPR membuka data pengadaan sistem informasi teknologi (IT) di gedung DPR.

 

Desakan ini menanggapi rilis Indonesia Budget Center (IBC) yang menyebut proyek IT senilai Rp9,4 milliar tidak maksimal. Yang juga mubazir, program perawatan sistem IT yang mencapai Rp1,8 miliar per tahun.

 

"Saya ingin cerita dan meminta support mengenai temuan ICW dan kawan-kawan seperti IBC buka data di Kompas mengatakan proyek IT di DPR, Rp9,4 milliar itu dibuka dan dibongkar. Saya bicara bagaimana teknis yang ada di DPR," ujar Roy di gedung DPR, Jakarta, Rabu(11/5/2011).

 

Menurut Roy, Setjen DPR pada tahun 2009 meluncurkan proyek go mobile yang bisa diakses melalui perangkat gadget "Tapi itu sebatas pengumuman," jelas Roy.

 

Setjen DPR kemudian mengadakan proyek komputer canggih bermerk Del untuk anggota dewan. Fasilitas itu diberikan tanpa berkomunikasi lebih dulu dengan anggota dewan. Harganya Rp12-15 juta.

 

Beberapa fasilitas itu, sambung Roy malah menjadi bulan-bulanan yang menyasar anggota dewan. "Tuduhan itu seolah-olah kita yang minta, padahal itu kan given, tahu-tahu sudah di atas meja, supaya powerful dan digunakan dengan baik," sambungnya.

 

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Pramono Anung berjanji akan mengkonfirmasi program pengadaan sistem IT senilai Rp. 9,4 miliar. "Kita belum tahu angka Rp 9 milliar itu itu fantastik dan kalau menimbulkan kecurigaan, pimpinan tak akan segan-segan mengundang KPK untuk memeriksa itu," ujar Pramono.

 

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini