Share

Tak Satu Pun Kampus yang Steril NII

Amir Tejo, Okezone · Rabu 11 Mei 2011 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 11 373 455991 jx5f6il8XB.jpg Pendiri NII Kartosoewirjo (ist.)

SURABAYA - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya Nur Syam menyatakan, tidak ada satu pun kampus di negeri ini yang steril dari gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

"Tak satu pun kampus di negeri ini yang bebas dari gerakan NII, apalagi kampus-kampus yang berbasis agama. Kampus-kampus yang berbasis agama inilah yang sekarang menjadi fokus gerakan NII," kata Nur Syam kepada okezone di kantornya (11/5/2011).

Oleh karena itu, Nur Syam menegaskan, sudah saatnya para ulama di Indonesia turun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi dan pendekatan-pendekatan kultural atas gerakan NII agar tidak sampai terjadi gerakan radikalisme.

"Tidak hanya sosialisasi, tapi juga pembinaan kepada masyarakat luas guna mencegah gerakan radikalisme yang semakin berkembang dan meluas," imbuhnya.

Nur Syam mengakui, keberadaan NII yang sebenarnya bercokol lama di Indonesia tersebut merupakan tamparan keras bagi semua pihak. "Tamparan ini tidak hanya bagi pemerintah, tapi bagi umat Islam dan kita semua," tegasnya.

Dia menilai, akar penyelesaian masalah NII ada pada umat Islam sendiri. Pemerintah tidak bisa membubarkan NII karena NII bukan sebuah organisasi struktural. "NII merupakan keyakinan umat bukan sebuah organisasi," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, penyelesaian masalah NII ini tidak lepas dari kerja sama antara umat Islam termasuk lembaga-lembaganya, para ulama dan pemerintah.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini