Share

Tingkat Kelulusan UN di Bali Paling Tinggi

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 13 Mei 2011 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 13 373 456943 ysPiL6fuS7.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengumumkan hasil perhitungan nilai Ujian Nasional (UN) sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA). Hasil perhitungan menunjukkan, Bali merupakan daerah dengan tingkat kelulusan UN paling tinggi.

"Kelulusan terbanyak diraih oleh Provinsi Bali. Sebanyak 24.290 siswanya lulus, 10 siswa tidak," kata Mendiknas dalam konferensi pers di Gedung Kemendiknas, Jumat (13/5/2011).

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

M Nuh menambahkan, ketidaklulusan terbanyak terdapat di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada 1.813 siswa tidak lulus dari 32.000 siswa peserta ujian di provinsi kawasan timur Indonesia (KTI) itu.

Mendiknas berjanji, akan mengevaluasi penyebab ketidaklulusan siswa di berbagai daerah dan memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

"Bantuan diberikan melalui banyak cara, tergantung kebutuhan tiap daerah. Bisa melaui pelatihan guru atau pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar (KBM)," kata Nuh mengimbuhkan. 

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Sirabaya itu menambahkan, secara keseluruhan, kelulusan UN SMA dan sederajat tahun ini naik sekira 0,18 persen dari tahun lalu. "Persentase itu setara dengan kira-kira 11 ribu siswa. Namun, yang berhak menentukan kelulusan siswa adalah sekolah, karena nilai UN akan digabungkan dengan nilai ujian sekolah," kata Nuh.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini