Waisak, Polisi Perketat Candi Borobudur

Fahmi Firdaus , Okezone · Senin 16 Mei 2011 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 16 340 457583 2h2UqHaR6X.jpg Candi Borobudur (Foto:travel.com)

JAKARTA- Terkait maraknya teror bom yang marak terjadi di Indonesia, Kepolisian Daerah Jawa Tengah akan melakukan  pengamanan ketat di sejumlah Candi. Polisi akan mengamankan sejumlah Candi mulai dari Candi Mendut hingga ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

“Pengamanan dari Candi Mendut ke Borobudur,  polisi sebanyak 1.000 anggota, anggota TNI dan dibantu satpam Borobudur,”  ujar Kabid Humas  Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Djihartono, ketika dihubungi wartawan, Senin, (16/5/ 2011).

Dalam perayaan hari Waisak besok, dikatakan Djihartono sebanyak 5.000 umat Budha akan memadati Candi Borobudur dan pihak Kementerian Agama . Untuk mengantisipasi teror menurutnya, pihaknya  sudah melakukan sterilisasi tempat pelaksanaan.

“Pencegahan sterilisasi tempat  pelaksanaan  kami jaga  ketat  di tempat akses masuk dan akses ke luar,” katanya.

Candi Borobudur di Jawa Tengah merupakan lokasi pusat perayaan hari raya Waisak di Indonesia. Candi terbesar tersebut pernah  menjadi sasaran ledakan bom pada 20 Januari 1985.

Pelakunya adalah seorang mubalig, Husein Ali Alhabsy yang juga dilatar-belakangi motif protes terhadap peristiwa Tanjungpriok 1983. Tapi, Husein menolak tuduhan atas keterlibatannya dalam peledakan Borobudur dan menuding Mohammad Jawad, yang tidak tertangkap, sebagai dalangnya. Husein mendapat ganjaran penjara seumur hidup. Tapi kemudian mendapatkan grasi dari pemerintahan Habibie pada 23 Maret 1999.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini