40 Ribu Kendaraan Tinggalkan Bandung Sore Ini

Iman Herdiana, Okezone · Selasa 17 Mei 2011 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 17 340 457987 BiUrHz1MdJ.jpg Ilustrasi (foto:Ist)

BANDUNG- Sekira 40 ribu kendaraan diprediksi meninggalkan Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/5/2011) sore ini. Arus balik ini terjadi karena berakhirnya masa cuti bersama sejak akhir pekan lalu.

Kepala Ship Pengumpulan Tol PT Jasa Marga Gerbang Tol Pasteur, Heri Heryana mengatakan, selama cuti bersama Jumat 13 Mei 2011,  telah terjadi lonjakan keluar masuk kendaraan di Gerbang Tol Pasteur yang kebanyakan berasal dari Jakarta. Jumlahnya mencapai 30 ribu sampai 40 ribu kendaraan.

"Hari ini kita prediksi arus balik mulai terjadi sekira pukul 16.00 atau pukul 17.00 WIB. Karena logikanya kan besok mulai masuk kerja. Jumlahnya sama seperti kemarin, antara 30 ribu sampai 40 ribu kendaraan," kata Heri Heryana, saat ditemui Okezone di kantornya, Selasa (17/5/2011).

Lonjakan jumlah kendaraan sudah sejak Jumat 13 Mei lalu. Bahkan pada Senin 16 Mei kemarin, jumlah kendaraan dalam satu sip mencapai 32.587 hingga 40 ribu kendaraan. Dalam pengumpulan data PT Jasa Marga menggunakan tiga sip. Sehingga, total kendaraan yang memasuki Gerbang Tol Pasteur selama lima hari curi bersama mencapai 200 ribu.

Sementara antrian kendaraan di pintu keluar Tol Pasteur mencapai dua kilometer dan antrian di pintu masuk kurang dari satu kilometer. Untuk mengurangi panjang antrean, kata Heri, pihaknya menyediakan gerbang masuk dan keluar secara maksimal. "Kita fungsikan lima gardu masuk dan delapan gardu keluar,” kata Heri

Menurutnya, jumlah lonjakan kendaraan tersebut sebagai jumlah maksimal yang biasa terjadi saat libur panjang. Pada akhir pekan biasa, lonjakan kendaraan yang melalui Gerbang Tol Pasteur hanya mencapai 15 ribu sampai 20 ribu kendaraan.

Namun, lanjut Heri, hingga pukul 13.00 WIB tadi, belum tampak lonjakan kendaraan masih belum tampak. Arus keluar masuk kendaraan masih lancar. "Sehingga kita prediksi lonjakan akan terjadi sore ini," ujarnya.

Heri menilai, lonjakkan terjadi karena banyak orang Jakarta yang menggemari objek wisata atau wisata kuliner di Bandung. Terlebih jarak Jakarta Bandung bisa ditempuh hanya dalam waktu satu setengah jam saja. "Banyak orang Jakarta yang sengaja makan siang atau malam di Bandung," pungkasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini