Bambang Soesatyo Tolak Minta Maaf ke Mendag

Ferdinan, Okezone · Jum'at 20 Mei 2011 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 20 339 459202 USwBz8Pvsm.jpg Bambang Soesatyo (dok.okezone)

JAKARTA- Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menolak meminta maaf kepada Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Alasannya, Bambang bersikukuh tidak pernah menyinggung etnis tertentu saat mengkritik kinerja Marie Elka.

"Saya kan tidak bicara sara atau rasis. Kok minta maaf? Justru saya akan dorong Komisi VIĀ  DPR untuk melakukan evaluasi atas kebijakan-kebijakan Menteri Perdagangan Marie Pangestu yang diduga telah merugikan kepentingan industri nasional dan perdagangan dalam negeri," kata Bambang kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (20/5/2011).

Bambang sebelumnya telah meluruskan maksud dari pernyataannya dalam diskusi di ruang wartawan DPR kemarin. "Saya sampaikan kritik terhadap berbagai kebijakan Mari Pangestu (pemerintahan SBY) yang lebih pro China. Ketimbang kepentingan rakyat Indonesia. Jadi sebenarnya, bukan soal rasis," jelasnya.

Sebelumnya kritik meluncur ke Bambang yang duduk di Komisi Hukum DPR. Wakil Ketua DPR Anis Matta menyebut pernyataan Bambang tidak etis. "Enggak boleh harusnya anggota DPR tidak mengkritik begitu. Tentu dalam mengkritisi harus berdasar fakta. Jadi tidak etis kalau seperti itu," kata Anis.

Sementara politisi Partai Demokrat Ramadhan Pohan mendesak Bambang meminta maaf kepada Mendag termasuk keturunan Tionghoa.

"Partai Golkar harus menegur serius Bambang Soesatyo supaya minta maaf atas kekhilafannya. Jika teguran tak ada, itu berarti Golkar sama saja melindungi kader rasis," ujar Ramadhan terpisah.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini