Share

Di Finlandia, Kuliah Gratis!

Hanna Meinita, Okezone · Kamis 26 Mei 2011 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 26 373 461307 ly427I7BsI.jpg Universitas Helsinki di Finlandia. (Foto: Fotopedia)

FINLANDIA merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia selama dekade terakhir. Negara Skandinavia ini selalu berada di peringkat teratas berdasarkan penilaian siswa usia 15 tahun dalam kemampuan membaca, matematika dan ilmu pengetahuan.

 

 

Penilaian dilakukan Program for International Student Assessment, PISA (Program for International Student Assessment) yang merupakan bagian dari Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development).

 

Yang istimewa, biaya kuliah di Finlandia, gratis alias bebas biaya. Setelah usia 16 tahun, anak Finlandia memutuskan apakah memilih untuk sekolah akademik atau kejuruan. Universitas dibagi antara akademik dan politeknik atau ilmu terapan. Biaya masuk kuliah gratis untuk siswa asal Finlandia dan Uni Eropa. Untuk siswa asal luar UE, biaya kuliah gratis hanya ada di beberapa universitas.

 

“Pendidikan gratis merupakan bagian utama sistem kesejahteraan Finlandia. Inggris adalah contoh yang menakutkan. Jika Anda mengambil uang sekolah dari siswa, Anda akan menarik beberapa dana dasar untuk sistem,” ujar Rektor Universitas Helsinki Thomas Wilhelmsso, Independent,  Kamis (26/5/2011).

 

Meski gratis, universitas ini masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia.

 

Kuliah gratis memang tampak pantas di Finlandia. Ini jika dibandingkan dengan populasi sekolah di Finlandia yang di bawah 600 ribu. Namun begitu, sekolah dan kampus di Finlandia dikepung oleh Jerman, China, Thailand, Spanyol dan Austria yang ingin tahu resep sistem pendidikan untuk sukses.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini