Mapala Unwar Rancang Jalur Tebing Gunung Mutis-NTT

Rohmat, Okezone · Kamis 26 Mei 2011 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 26 373 461461 FL9R4y3tJf.jpg Image: corbis.com

DENPASAR - Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Citta Mandala Universitas Warmadewa (unwar), Bali, berencana membuat jalur pemanjatan tebing alam di Cagar Alam Gunung Mutis, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembuatan jalur pemanjatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan ekspedisi yang bertema "Kelana Mapala Citta Mandala 2011". Ketua Ekspedisi Hari Yudhi Wardana menjelaskan, kegiatan ekspedisi ini dijadwalkan berlangsung selama dua puluh hari yakni pada 1-20 Juni 2011.

"Aksi mahasiswa pecinta alam ini dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan minat dan bakat mahasiswa dan juga pelestarian lingkungan hidup," kata Hari seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (26/5/2011).

Mapala Citta Mandala Unwar berencana membuat jalur tebing di Fatu Naususu, Desa Fatu Koto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timur Tengah Selatan, NTT. "Dalam pemanjatan dan pembuatan jalur tersebut sebagian tim juga akan melakukan pengamatan satwa dan tumbuhan langka di sekitar kawasan pemanjatan," imbuhnya.

Hasil pengamatan akan didokumentasikan agar bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan akademis mahasiswa di kampus.

Selain itu, mereka juga bertekad menaklukkan hutan rimba maupun gunung tersebut. Hari memaparkan, penjelajahan rimba dan pendakian gunung di pegunungan di kawasan cagar alam Gunung Mutis akan dilakukan setelah tim ekspedisi melakukan pemanjatan dan pembuatan jalur.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini