Share

ITS Buka Jalur PKM Setelah SNMPTN

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 28 Mei 2011 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 27 373 461908 6X7Spyb5nQ.jpg Ilustrasi: ist.

JAKARTA – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tinggal menghitung hari. 31 Mei dan 1 Juni 2011 menjadi hari pertempuran memperebutkan bangku PTN oleh siswa sekolah menengah atas (SMA) di seluruh nusantara.

Berbagai sekolah maupun universitas di seluruh Indonesia didaulat menjadi tempat ujian SNMPTN, tak terkecuali Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, yang diserahi tanggung jawab menjadi panitia lokal Surabaya SNMPTN kelompok ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pembantu Rektor I ITS, Arif Djunaidy menyatakan, segala persiapan untuk pelaksanaan SNMPTN berjalan cukup baik. “ITS sudah mempersiapkan itu semua dengan matang, termasuk mempersiapkan ruangan dan tenaga pengawas ujian,” kata Arif seperti dikutip dari ITS Online, Sabtu (28/5/2011).

Meski sudah mempersiapkan seluruh ruang kuliah yang ada di ITS, namun ternyata jumlah peserta ujian di Surabaya melebihi kapasitas ruang kuliah ITS. “Karena masih tidak muat di kampus ITS, ada yang ujian IPA di perguruan tinggi swasta dan SMA di daerah Surabaya,” ujar Arif.

Dosen kelahiran Sumenep ini menambahkan, Minggu 29 Mei nanti semua persiapan sudah selesai, termasuk penempelan nomor ujian peserta. Hal ini dapat memudahkan peserta untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari dan tidak tergesa-gesa.

Usai pelaksanaan SNMPTN, ITS masih membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Program Kemitraan Mandiri (PKM) yang diseleksi berdasarkan hasil nilai SNMPTN.

“Seleksi jalur PKM berdasarkan hasil nilai SNMPTN, sehingga hasil input kualitas mahasiswa baru hampir sama dengan seleksi nasional,” ujar Arif. Dia berharap kebijakan ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa baru.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini