Dinilai Aman, Warga Sekitar Dieng Enggan Mengungsi

Nurrochman Efendi, SUN TV · Senin 30 Mei 2011 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 30 340 462454 0ICD3GfsO0.jpg Gunung Dieng. (kanapaini.blogspot.com)

BANJARNEGARA- Meski Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Dieng menjadi 'Siaga', namun masih banyak warga yang enggan mengungsi.

Warga di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, mengaku mereka masih aman dan masih ingin tinggal di rumah mereka.

โ€œIni sudah biasa kok. Pengalaman-pengalaman sebelumnya gas enggak sampai ke sini,โ€ ujar seorang warga Dusun Simbar yang enggan menyebutkan nama saat ditemui di rumahnya, Senin (30/5/2011).

Selain itu, warga juga masih enggan meninggalkan rumah karena alasan keamanan dan menjaga ladang dan ternak mereka.

Berdasarkan pantauan di lokasi sebagian besar warga Dusun Simbar, Kecamatan Batur, masih bertahan di rumah mereka meski jarak aman telah ditetapkan menjadi 1.000 meter.

Sementara itu Bupati Banjarnegara, Djasri, menegaskan tidak ada alasan warga yang tinggal dalam radius 1.000 meter harus mengungsi.

โ€œJarak 1 kilometer harus dievakuasi,โ€ tegas Djasri saat ditemui di sebuah sekolah yang dijadikan posko pengungsian.

Setidaknya ada 270 warga Dusun simbar yang harus mengungsi. Namun hingga Senin siang, belum banyak warga yang menghuni lokasi pengungsian tersebut. Ada dua atau tiga posko yang disiapkan pemerintah kabupaten. Salah satunya di kantor Kecamatan Batur.

Pada Senin sore nanti, rencananya Tim SAR bersama dinas terkait akan mendatangi warga Dusun Simbar untuk mendesak mereka mau meninggalkan rumah dan mengungsi.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini