Demonstran Aniaya Polisi, 180 Orang Ditangkap

Hermanto, Okezone · Senin 30 Mei 2011 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 30 414 462608 6Ju8OzZCpB.jpg Seorang demonstran memegang bendera Bosnia saat demonstrasi/Reuters

BEOGRAD - Pihak berwenang Serbia menahan 180 demonstran yang terlibat atas penyerangan yang menyebabkan 32 polisi pada saat demonstrasi penangkapan penjahat perang Ratko Mladic.

Kebanyakan para pelaku penyerangan tersebut berusia muda, bahkan sebagian demonstran tersebut belum lahir pada perang Bosnia tahun 1992-1995. Para demonstran yang ditangkap tersebut mengenakan helm polisi antihuru-hara, baju pelindung dan juga tameng.

Partai Radikal Serbia, yang kini pemimpinnya tengah di sidang di pengadilan internasional di Den Haag, membawa para demonstran tersebut dengan menggunakan bus meminta pembebasan Mladic. Kebanyakan para demonstran tersebut baru saja selesai menoton bola pada Minggu kemarin.

Dalam kekerasan tersebut, 32 polisi dan 11 demonstran terluka, lima mobil dan enam toko juga dirusak oleh para demonstran, demikian lansir Reuters, Senin (30/5/2011).

Mladic dituduh telah melakukan bom genosida dalam kurun waktu 43 bulan pada saat perang di Sarajevo dan telah membunuh sekira delapan ribu warga Muslim di Srebrenica selama perang terjadi. Dia ditangkap pada hari Kamis kemarin di sebuah desa sekira 100 km wilayah utara Beograd setelah 16 tahun buron.

Para pendukung Mladic di Bosnia melakukan demonstrasi pada Minggu kemarin di Kota Kalinovik, kota di mana Mladic menghabiskan masa kecilnya dahulu.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini