Bau Belerang Menyengat, Warga Dieng Dievakuasi Paksa

Nurrochman Efendi, SUN TV · Selasa 31 Mei 2011 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 05 31 340 462807 dCXDozjRmB.jpg Ilustrasi Gunung Dieng. (kanapaini.blogspot.com)

BANJARNEGARA- Tim SAR yang terdiri dari Polres Banjarnegara, Kodim, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengevakuasi paksa warga yang tinggal di dua dusun di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

 

Evakuasi paksa dilakukan pada Selasa (31/5/2011) pagi setelah aroma belerang sangat menyengat di Dusun Simbar dan Dusun Serang.

Jarak dua dusun ini hanya sekira 900 meter atau di dalam radius bahaya yang telah ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yakni 1.000 meter.

Ada puluhan kepala keluarga (KK) yang dipaksa meninggalkan rumah mereka menggunakan truk. Warga dibawa ke Pos Pengungsian SMA Negeri I Batur yang letaknya sekira 3.000 meter dari Kawah Timbang.

Para warga sejak kemarin bertahan di rumah karena meyakini gas beracun tidak akan sampai ke permukiman mereka, di samping alasan untuk mengamankan harta benda.

Sementara itu dinas terkait juga membagikan masker kepada para warga agar tidak menghirup langsung gas berbahaya. Sejauh ini belum ada laporan warga yang mengalami sesak napas atau pun menjadi korban akibat gas beracun.

Berdasarkan data dari BNPB hingga Senin malam sebanyak 603 warga di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo sudah mengungsi. Mereka ditampung di sekira 15 pos pengungsian.

PVMBG menaikkan status Dieng dari Waspada menjadi Siaga sejak Minggu 29 Mei pukul 20.45 WIB. Sejak itu radius aman dinaikkan dari 500 meter menjadi 1.000 meter.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini